PENGUKURAN VSWR DAN SWR METER ANTENA

Posted: Juli 10, 2013 in Uncategorized

VSWR ( Voltage Standing Wave Ratio.)

untuk menentukan suatu instalasi telekomunikasi baik atau tidak pengukuran VSWR sangat diperlukan sekali, karena tujuan pengukuran VSWR adalah untuk mengetahui berapa jumlah voltage yang terpakai dan juga yang terbuang.

Dalam pengukuran VSWR untuk feeder di telkomunikasi biasanya menggunakan Produk dari Anritsu, dalam layar anritsu diperlihatkan dalam bentuk gelombang amplitudo (wave).

VSWR didifinasikan sebagai perbandinganatau rasio antara tegangan rms maksimundan minimum yang terjadi pada saluran yang tidak match. Bila saluran transmisi impedensi beban dan gelombang tidak sama dan terus dipantulkan maka dalam tegangan terbentuk V+ dan V- yang membentuk gelombang.

 

SWR Meter

Standing wave ratio disingkat SWR kadang-kadang disingkat dengan nama VSWR (Voltage Standing Wave Ratio). Bila impedansi saluran transmisi tidak sesuai dengan transceiver maka akan timbul daya refleksi (reflected power) pada saluran yang berinterferensi dengan daya maju (forward power). Interferensi ini menghasilkan gelombang berdiri (standing wave) yang besarnya tergantung pada besarnya daya refleksi.

Skema Rangkaian SWR Meter dan Cara Kalibrasi. Pada Transmisi Daya RF, apabila Impedansi Saluran Transmisi tidak sesuai dengan Impedansi Beban (antenna), maka akan muncul Daya Pantul (Reflected Power) pada saluran transmisi menuju sumber (transmitter). Daya pantul ini akan berinterferensi dengan daya dari pemancar (Forward Power) dan menghasilkan Gelombang Tegangan Berdiri pada saluran (Volt Standing Wave).

Nilai SWR dapat dihitung melalui perbandingan Impedansi Beban terhadap impedansi transmisi, yaitu :

VSWR= ZL/Zo         Dimana,     ZL : Impedansi beban      Zo: Impedansi karakteristik saluran transmisi

VSWR didefinisikan sebagai perbandingan tegangan maksimum dan tegangan minimum gelombang berdiri pada saluran transmisi :

vswr = Vmax / Vmin

 

Refesensi : http://telcom-int.blogspot.com/2012/09/pengukuran-vswr-antena.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s